Kamis, 04 Desember 2008

MTs INTEGRAL HIDAYATULLAH DENPASAR BALI


VISI, MISI DAN TUJUAN

MTs INTEGRAL HIDAYATULLAH DENPASAR

Visi :

Mewujudkan MTs Integral Hidayatullah sebagai lembaga pendidikan alternatif yang unggul dan kompetitif bercirikan nilai-nilai Islam sehingga menjadi rujukan ummat.

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan MTs yang memadukan aspek penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pemahaman tsaqafah Islamiyah dan pembentukan kepribadian Islam sehingga menjadi anak muslim yang berkepribadian Islam, cerdas dan mandiri.

Tujuan :

a) Menjadikan sekolah percontohan khususnya kalangan sekolah Islam, dengan indikasi :

1) memiliki tingkat manajemen sekolah yang sistematis dan handal.

2) memiliki prestasi akademik terbaik se-Denpasar

3) mampu meraih juara pada lomba olimpiade/kir

4) menerapkan Bahasa Arab-Inggris sebagai bahasa pengajaran dan pengantar keseharian di lingkungan asrama.

5) memiliki tenaga pendidik yang Capable dan Credible.

6) memiliki sarana dan prasarana penunjang PBM yang memadai.

b) Mendidik siswa sehingga menjadi manusia unggul dengan indikasi:

1) memiliki basic aqidah yang kokoh dan akhlaq / kepribadian terpuji sebagai calon pemimpin ummat.

2) memiliki pemahaman luas terhadap iptek dan agama.

3) memiliki sebagian kecakapan hidup / life skills (kecerdasan akademik/sosial-emosional/vokasional).

c) Meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru / karyawan, dengan indikasi :

1) memiliki keahlian dan kreativitas dalam pengajaran.

2) memiliki karya dalam dunia pendidikan.

3) guru / karyawan aktif dalam pengembangan inovasi pendidikan.

4) memiliki guru yang sekaligus tentor / trainer.

5) guru/karyawan mampu dan layak dalam menghidupi keluarga minimal kebutuhan primer (papan, pangan dan sandang)

d) Ikut berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, dengan indikasi :

1) bersama-sama pemerintah memacu prestasi anak bangsa

2) proaktif dengan program-program yang ditetapkan pemerintah

3) aktif dan kritis pada perkembangan pendidikan

4) memiliki inovasi pendidikan untuk 10 tahun ke depan.


PROFIL INPUT DAN OUTPUT

Profil Input

a. Mental spiritual

- Memiliki mental spiritual yang baik

- Bukan anak autis atau idiot (mengidap keterbelakangan mental)

- Bukan anak bermasalah dalam hal pergaulan dan perilaku

- Bebas narkoba dan miras

- Diutamakan memiliki motivasi belajar di pesantren

b. Akademik

- Memiliki nilai rata-rata mata pelajaran MIPA minimal 7,00

- Mampu membaca al-Qur’an, minimal setara dengan Iqra’ jilid 6

c. Orang tua

- Memiliki kepedulian tinggi kepada perkembangan pendidikan anak

- Diutamakan dari keluarga yang memiliki ghirah keislaman

- Bersedia mengikuti ta’lim setiap bulan.

Profil Output

a) Aspek mental-spiritual

1. Siswa memiliki aqidah yang kokoh, dengan indikasi :

· Mempunyai ghirah keislaman yang tinggi, serta peka terhadap masalah-masalah umat Islam

· Haus akan informasi keislaman/aktif dalam kegiatan pembinaan keislaman.

· Mampu ber-amar ma'ruf nahyi munkar

· Berbudaya dan berkepribadian Islami

· Bebas dari takhayul, bid’ah dan khurafat

2. Siswa terbiasa mengerjakan sholat dengan kesadarannya sendiri, yakni :

· Jika datang waktu shalat wajib, anak segera melaksanakan sholat dan merasa punya hutang jika belum melaksanakan sholat

· Memahami seluruh bacaan sholat dengan baik

3. Siswa terbiasa mengerjakan sholat lail, dengan indikasi :

· Melaksanakan sholat lail minimal 2 kali dalam seminggu

· Memahami manfaat sholat lail

4. Siswa tartil membaca al-Qur’an, dengan indikasi :

· Terbiasa membaca al-Qur’an dengan murottal, mujawwad dan fashih

· Tiada hari tanpa membaca al-Qur’an

· Mampu menjadi imam dalam sholat

5. Siswa yang berperilaku sosial baik, dengan indikasi :

· Santun dalam berkomunikasi dan mengindahkan nasihat orang tua serta guru

· Penuh percaya diri

· Supel, mudah bergaul (bersosialisasi) dan tidak minder di hadapan orang lain

· Mampu berbicara dan tampil di depan umum

· Berusaha menghargai orang lain

· Jujur dan tidak suka berbohong

6. Siswa yang berdisiplin, dengan indikasi :

· Hampir tidak pernah melakukan pelanggaran tatib

· Memiliki kebiasaan tertib, teratur dan mandiri.

b) Aspek akademik

1. Siswa mampu mencapai nilai bidang studi tuntas

· 65 % siswa memiliki rata-rata nilai lebih dari 7,5

· Rata-rata kelas mencapai 7,0

2. Siswa memiliki kemampuan bahasa Arab dan Inggris tuntas

· Menguasai 4 kemahiran berbahasa (mendengar, membaca, berbicara dan menulis)

· Menguasai minimal 1000 kosakata Arab/Inggris

3. Siswa hafal 2 juz serta ayat-ayat pilihan dan dapat menterjemahkannya

· 75 % siswa mampu menyelesaikan target minimal yang telah ditentukan

· Rata-rata kelas siswa mampu menyelesaikan 85 % target minimal

4. Siswa hafal doa-doa harian, yaitu :

· Hafal wirid ba’da sholat fardhu

· Hafal wirid pagi, sore dan malam

· Hafal doa-doa khusus

· Memahami arti dari doa-doa tersebut

c) Aspek psikomotorik dan ketrampilan

1. Siswa yang mandiri, dengan indikasi :

· Dapat memecahkan persoalan sehari-hari

· Dapat mengatur keuangannya sehari-hari

· Dapat mengatur waktu sehari-hari dengan kegiatan positif

· Dapat mencuci, menyeterika dan merapikan pakaiannya sendiri

· Dapat menjaga barang-barang inventaris pribadi

· Mampu melaksanakan sholat, puasa, baca qur'an dll tanpa ada ajakan orang lain.

· Mampu belajar sendiri dengan baik.

2. Siswa memiliki fisik yang sehat dan kuat

3. Siswa memiliki keberanian untuk berpidato dan tampil di depan umum serta berani mengumandangkan adzan dan iqomah.

4. Siswa memiliki dasar ketrampilan kepemimpinan, yang mencakup :

· dasar-dasar kepemimpinan (leadership)

· dasar-dasar kerjasama kelompok (team-work)

· kedisipinan dalam baris-berbaris (kesamaptaan)

5. Siswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yaitu :

· dapat mengkomunikasikan gagasan atau pengalaman secara lisan dengan lancar minimal 5-10 menit